
Hai haii sahabat Mbo ketemu lagi nih di blognya Mbo. Hari ini Mbo akan berbagai tips ilmu tentang promosi brand. Sebagai mana kita tahu kalau promosi sangat berperan penting dalam pemasaran tentunya. Lalu apasih yang dimaksud dengan brand awareness?
Mungkin sebagian dari kita ada yang belum familiar nih dengan istilah tersebut. Yang dimaksud brand awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merk. Dalam hal ini tentunya bisa meliputi nama, gambar/logo, dan slogan. Tentu yang digunakan para pelaku pasar untuk mempromosikan produk-produknya.
Brand awareness, menjadi salah satu faktor penting yang dibutuhkan para pelaku usaha untuk memperkuat brand produknya. Sebab tidak bisa dipungkiri bila semakin banyak konsumen yang mengingat brand produk kalian, maka semakin besar pula intensitas yang akan mereka lakukan.
1. KONTEN BERKUALITAS
Konten segar dan berisi dapat menciptakan trust dan authority dari online audience Kalian. Jika Kalian membuat konten yang informatif dan bermanfaat, mereka akan melihat merek Kalian secara positif. Asosiasi positif ini dapat membangun basis pelanggan setia.
2. TUNJUKAN, JANGAN KATAKAN
Berbagi manfaat produk Kalian di social media dapat memikat pelanggan untuk membeli produk Kalian. Gunakan media sosial untuk menunjukkan cara kerja produk Kalian. Tunjukkan manfaat yang dialami pelanggan setelah menggunakan produk. Jangan lupa tunjukkan juga testimonial asli untuk membangun social proof.
3. DESAIN LOGO SEBAIK MUNGKIN
Dari sini kita bisa mengetahui bahwa, logo merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Tidak memandang berapa pun sekala usaha Kalian, baik itu untuk usaha kecil, menengah ataupun besar. Logo memegang peranan penting.
4. BUAT TAGLINE YANG MENARIK
Slogan bisa sangat membantu brand awarness. Ia berfungsi sebagai anchor atau kalimat menarik yang bisa mendeskripsikan produk atau jasa yang ada pada brand Kalian. Slogan yang menarik, bisa membantu tingkat awarness yang tinggi dan dapat menimbulkan desire atau keinginan bagi calon konsumen. Jangan sembarangan membuat slogan, perhatikan dan pilih tagline yang sangat menarik agar bisa menambah kekuatan nama brand Kalian.
5. GUNAKAN SHARE BAIT
Dorong fans atau pengikut (followers) untuk membagikan konten kita. Gunakan pancingan tertentu, sesuaikan dengan platform agar mereka mau menyebarkan konten kita. Pancing followers untuk Retweet, Repin, atau Regram dengan gambar yang sesuai dengan citra produk Kalian. Dengan begitu konten Kalian akan tersebar dan berkemungkinan untuk mendapat pengikut baru.
6. TAWARKAN PRODUK GRATIS
Biarkan calon pelanggan untuk menilai produk dengan cara dicoba atau dicicipi secara gratis. Buat produk demo atau produk freemium untuk hal ini. Tawaran “tanpa risiko” seperti ini memungkinkan calon pelanggan untuk mencoba dulu sehingga mereka yakin untuk membeli.
Tips : untuk mendapatkan produk Kalian secara gratis, gunakan syarat like dan share/retweet dulu dari penggemar di media sosial. Dengan cara seperti itu akan terkumpul banyak like dan share / retweet.